...

...

Kamis, 01 November 2018

BERCERITA

Dulu, kita paling suka kalau mendengarkan cerita. Seruuu ...kita bisa mendapatkan banyak hal darinya. Iya, kan?
Ada banyak hal yang dilakukan atau diajarkan dengan cara bercerita. Untuk menanamkan nilai-nilai budi pekerti, nasihat bahkan pelajaran di sekolah, pola bercerita dinilai efektif untuk diterapkan. Bahkan sejarah dalam Alquran pun disampaikan dengan kisah (cerita). 
 Namun tidak semua orang pandai bercerita. Kita sering melihat bagaimana seseorang bercerita dengan sangat menarik sehingga semua yang mendengarkan dengan antusias. Ada pula yang bercerita dengan datar saja sehingga para pendengarnya merasa bosan. Memang ada beberapa orang yang kesulitan menyampaikan pesan dengan cara bercerita, tapi justru lihai bila disuruh menulis cerita.  Lalu bagaimana caranya agar bercerita bisa menjadi sebuah keterampilan yang dimiliki? Jawabannya adalah ia, bercerita, harus dilatih dan dibiasakan. 

Di perpustakaan MTsN 1 Garut, para pengurus Pustakawan Siswa, yakni organisasi siswa yang bergerak di bidang kepustakaan, melakukan kegiatan literasi setiap hari. Mereka secara berkesinambungan membaca buku dan menuliskan perkembangannya dalam sebuah "jurnal membaca". Lalu setiap seminggu sekali secara berkelompok menyampaikan isi buku yang telah mereka baca. Mereka bercerita secara bergiliran, di kelompoknya masing-masing. 


Dalam kegiatan bercerita (berdasarkan isi buku) itu, mereka belajar banyak, yaitu :
1. Menyerap pesan moral
2. Memahami alur cerita 
3. Mengenal dan menghayati tokoh cerita
4. Menyampaikan kembali apa yang telah ia cerna
5. Berani tampil bicara di depan orang (teman)
6. Melatih percaya diri
7. dan lain-lain

Bila kegiatan bercerita ini dilakukan secara berkesinambungan, siswa akan terlatih. Diharapkan kelak mereka akan mampu berkomunikasi secara sistematis, terarah sekaligus bisa menyampaikan pesan moral di dalamnya.
Selain itu, siapa tahu pada saatnya kelak mereka akan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan. Akan lahir penulis-penulis baru yang akan mengayakan peradaban pada zamannya.

Aaamiiin ...










Tidak ada komentar:

Posting Komentar