PROGRAM KERJA
PERPUSTAKAAN MTs NEGERI GARUT
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
BAB I
PENDAHULUAN
Keberadaan
perpustakaan tidak dapat dipisahkan dari peradaban dan budaya umat manusia. Ia
bisa menjadi tolok ukur kemajuan dan budaya sebuah bangsa. Bangsa yang cerdas
dan berbudaya adalah bangsa yang memiliki visi pendidikan yang terarah, terukur
dan berkelanjutan. Maka dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana
diamanatkan dalam Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,
perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat mengembangkan potensi
masyarakat agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam mendukung
penyelenggaraan pendidikan nasional.
Selanjutnya,
sesuai dengan peruntukannya, perpustakaan sekolah memegang peranan penting
dalam memberikan wahana pembelajaran bagi penggunanya yaitu siswa beserta
sivitas sekolah tersebut, demi memenuhi tujuan pendidikan. Selain itu pula
menumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan
perpustakaan sebagai sumber informasi dan sumber belajar.
Peran
strategis perpustakaan di sekolah sebagai sumber belajar, sesuai fungsinya
sebagai sarana informasi, penelitian,pendidikan dan rekreasi, pada pelaksanaannya perlu didukung
oleh banyak faktor, diantaranya kelengkapan sarana prasarana yang memadai,
kelengkapan koleksi baik buku maupun non buku, profesionalitas pengelola, serta
peran aktif pemustaka atau pengguna.
Maka pengembangan serta pemanfaatan segala macam bentuk daya dukung,
materil maupun immateril, menjadi sebuah keniscayaan bagi keberlangsungan
fungsi perpustakaan tersebut.
Mengacu
pada Visi dan Misi Perpustakaan MTs. Negeri Garut, pada tahun pelajaran 2014/2015
diharapkan sistem automasi perpustakaan yang dulu pernah dilakukan, akan dapat
dilanjutkan kembali. Untuk itu perangkat keras dan perangkat lunaknya perlu
dipersiapkan dengan matang. Ketidakberlangsuangan automasi perpustakaan pada
masa lalu dikarenakan sistem yang terbatas. Tahun ini semoga kendala tersebut
dapat dibenahi dengan sistem terbaru yang lebih memungkinkan. Insya Allah …
DASAR PEMIKIRAN
Semua langkah
dan pergerakan bagi keberlangsungan fungsi perpustakaan MTs. Negeri Garut ini
mengacu pada dasar pemikiran sebagai berikut :
1.
Al-qur’an surat
Al’Alaq ayat 1 sd 5 tentang perintah membaca dan menulis
2.
Al-qur’an surat
Al-Baqarah ayat 282 tentang perintah pencatatan administrasi
3.
UUD 45 Pasal 31
tentang Pendidikan
4.
UU RI No 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
5.
UU RI No 43
Tahun 2007 tentang Perpustakaan
BAB II
PROGRAM JANGKA PENDEK
KOLEKSI PERPUSTAKAAN
Terhitung hingga Juni 2014 jumlah
koleksi perpustakaan MTs. Negeri Garut telah mencapai 3062 judul dan 60910
eksemplar. Seiring pergantian kurikulum, beberapa buku paket telah digudangkan
dan beberapa telah mengalami rusak dan hilang.
Penambahan koleksi perpustakaan baik
buku maupun non buku menjadi sebuah keharusan, sebagai konsekuensi logis dari
bentuk tanggung jawab perpustakaan sebagai jantung sekolah yang menyediakan
segala macam informasi yang dibutuhkan. Maka untuk memenuhi kebutuhan bahan
ajar serta buku-buku lain yang perlu, perpustakaan MTs. Negeri Garut
menyediakan beberapa pilihan pengembangan koleksi, berupa :
1.
Kerja sama
dengan penerbit yang secara berkala mengirimkan katalognya
2.
Memberikan
formulir pemesanan kepada guru untuk diisi sesuai dengan kebutuhan
3.
Memberikan
formulir pemesanan kepada siswa, diwakili oleh pustakawan siswa, untuk diisi
sesuai keinginan mereka (buku yang bersifat rekreatif)
4.
Menerima
sumbangan buku dari pihak lain yang tidak mengikat
5.
Tukar menukar
dengan perpustakaan lain
PENGAJUAN BUKU TAHUN INI (sebagai pemenuhan buku sesuai kebijakan
tahunan Bidang Kurikulum MTsN Garut), adalah sebagai berikut , (sesuai
pengajuan yang telah disampaikan bulan Pebruari 2014) --à terlampir
Berikut ini daftar pengajuan untuk koleksi Perpustakaan MTsN Garut
1.
BUKU
NO
|
JUDUL BUKU/ PENGARANG
|
PENERBIT
|
HPS
|
JUMLAH EKSP
|
1
|
Pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam VII
|
Armico Bandung
|
30.000
|
500
|
2
|
Pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam VIII
|
Armico Bandung
|
30.000
|
500
|
3
|
Pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam IX
|
Armico Bandung
|
500
|
|
4
|
Pelajaran
Bahasa Indonesia kelas VII
|
40.000
|
75
|
|
5
|
Pelajaran
Bahasa Indonesia kelas VIII
|
40.000
|
75
|
|
6
|
Pelajaran
Bahasa Indonesia kelas IX
|
40.000
|
75
|
|
7
|
Belajar
IQRA’ & Juz Amma
|
20.000
|
20
|
|
8
|
Buku
Pintar Olahraga/Feri Kurniawan
|
Laskar Aksara
|
50.000
|
5
|
9
|
Kumpulan
Materi dan Trik Matematika/MF Atsnan
|
Andy Publisher
|
33.575
|
10
|
10
|
Kuantar
Ke Gerbang / Ramadhan KH
|
Bentang Pustaka
|
51.750
|
5
|
11
|
Genius
Teaching : 9 Karakter Guru Menyenangkan berbasis Ramah Otak / Rudiana MPd
|
Diandra Primamitra
|
34.000
|
5
|
12
|
Kesalahan-kesalahan
Guru Saat Mengajar/ Masykur Arief Rahman
|
Laksana
|
30.000
|
2
|
13
|
Analisis
Hasil Belajar / Drs. Deddy Kustawan
|
Luxima
|
28.000
|
2
|
14
|
Pembelajaran
yang Ramah / Drs. Deddy Kustawan
|
Luxima
|
42.000
|
2
|
15
|
Panduan
Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler / Agus N Cahyo
|
Diva Press
|
2
|
|
16
|
Cara-cara
Terbaik untuk Mengajar Sains / Randi Stone
|
46.750
|
5
|
|
17
|
Stop
Menjadi Guru! / Asep Sapa’at
|
Tangga Pustaka
|
38.000
|
2
|
18
|
Panduan
Karya Tulis Guru/ Asul Wiyanto & Mustakim
|
Pustaka Ghatama
|
2
|
|
19
|
Teori
dan Praktek Pendidikan Jasmani 7,8,9
|
Yudhistira
|
@ 5
|
|
20
|
Buku
Kumpulan Soal Matematika kelas 9
|
Erlangga
|
5
|
|
21
|
Andai
Kamu Tahu (Kado untuk Remaja)
|
Gema Insani
|
5
|
|
22
|
Kreasi
Daur Ulang Kreatif
|
10
|
||
23
|
Ushul
Fiqih
|
5
|
||
24
|
Keluarga
Cemara/Arswendo Atmowiloto
|
Gramedia
|
40.000
|
5
|
25
|
Buku
Ilmu Pengetahuan Populer
|
20
|
||
26
|
Buku
yang di belakangnya ada daftar INDEKS
|
20
|
||
27
|
Buku
Sinopsis Novel
|
35.000
|
10
|
|
28
|
Kumpulan
Cerpen (judulnya apa saja)
|
Gema Insani
|
35.000
|
20
|
29
|
Kumpulan
Puisi
|
35.000
|
5
|
|
30
|
Buku-buku karya Asma Nadia
|
Gema Insani / Mizan
|
30.000
|
@ 5
|
31
|
Buku-buku karya Tara Liye
|
45.000
|
@ 5
|
|
32
|
Buku-buku
karya Helvy Tiana Rosa
|
@ 5
|
||
33
|
Buku-buku
karya Andrea Hirata
|
Bentang
|
50.000
|
@ 3
|
34
|
Madre
: a coffee table book / Dee
|
Bentang Pustaka
|
30.000
|
5
|
35
|
99 Cahaya di Langit Eropa/Hanum S Rais
|
63.000
|
5
|
|
36
|
Baju
Bulan : Seuntai Puisi Pilihan
|
Gramedia Pustaka Utama
|
2
|
|
37
|
Seri
Winnetou untuk Remaja/Karl May
(5
judul buku)
|
60.000
|
@ 2
|
|
38
|
Seri
Petualangan Matematika Seru/Janu Ismadi
|
Dwitama Asrimedia
|
23.000
|
@ 5
|
39
|
Materi
Motivasi 2 (4 buku + 1CD)/Triyono
|
Paramitra Publishing
|
175.000
|
2
|
40
|
Materi
BK BErbasis Multimedia untuk SMP/MTs + dilengkapi DVD/ Nurbowo
|
Paramitra Publishing
|
40.000
|
4
|
41
|
Lulus
SMP/MTs Mau Kemana? +VCD/ Abdul Chamid
|
Paramitra Publishing
|
35.000
|
5
|
42
|
Menangani
Anak Dalam Kelompok/ Katthryn & David Geldard
|
Paramitra Publishing
|
70.000
|
4
|
43
|
Seri
Pahlawan Islam
|
@ 5
|
||
44
|
Seri
petualangan Tintin
|
Gramedia
|
45.000
|
@ 2
|
45
|
Seri
Ulysses Moore ( buku ke 1 sd terakhir)
|
75.000
|
@ 2
|
|
46
|
Seri
Nomik Remaja
|
Gema Insani
|
@ 5
|
|
47
|
Lupa
Endonesa/ Sujiwo Tedjo
|
Bentang Pustaka
|
51.000
|
5
|
48
|
Romantic
Cooking / Dyah Ayu
|
Bentang Belia
|
25.500
|
5
|
49
|
Seputar
Garut
|
5
|
||
50
|
Perkembangan
Remaja ( Adolescene)/John W Santrock
|
Erlangga
|
5
|
|
51
|
Babad
Sriwijaya/Ferry Irawan
|
Dipta
|
50.000
|
2
|
52
|
Mahatma
Gandhi (Novel Biografis)/ Kazuke Ebine
|
Bentang Pustaka
|
34.000
|
2
|
53
|
Gurunya
Manusia / Munif Chatib
|
Kaifa
|
51.000
|
2
|
54
|
Sekolahnya
Manusia / Munif Chatib
|
Kaifa
|
||
55
|
Dahulukan
Akhlaq Di Atas Fiqih/Jalauddin Rakhmat
|
Mizan
|
2
|
|
56
|
Kamus
Biologi
|
5
|
||
57
|
Kamus
Fisika
|
5
|
||
58
|
Rumus-rumus
Matematika
|
5
|
||
59
|
Oxford
English Dictionary
|
3
|
||
60
|
Oxford
Learner’s Pocket Thesaurus
|
3
|
||
61
|
Oxford
English Grammar
|
3
|
||
62
|
Peta
Dunia
|
200.000
|
7
|
|
63
|
Peta
Indonesia
|
200.000
|
7
|
|
64
|
Peta
ASEAN
|
200.000
|
7
|
|
65
|
Peta
ASIA
|
200.000
|
7
|
|
66
|
Peta
Jawa Barat
|
150.000
|
5
|
|
67
|
Peta Garut
|
150.000
|
5
|
|
68
|
Peta
Tematik
|
150.000
|
@2
|
PELAYANAN DAN ADMINISTRASI
Dalam perkembangannya, pemustaka
Perpustakaan MTsN Garut semakin banyak dan aktif, maka perlu adanya peningkatan
pelayanan. Untuk hal tersebut, kami mengajukan perangkat bagi pelaksanaan
Automasi Perpustakaan, semoga dengan demikian layanan akan semakin baik. Insya
Allah …
Sedangkan dalam bidang administrasi,
Perpustakaan MTsN Garut tetap akan melanjutkan kegiatan rutin serta
meningkatkan kinerjanya, berupa :
- Mengarsipkan bahan hasil penataran, pelatihan, seminar maupun kursus yang diikuti oleh guru maupun karyawan Tata Usaha, agar bisa dimanfaatkan bagi penelusuran pustakan ketika dibutuhkan kapanpun
- Membeli buku sesuai dengan anggaran yang tersedia
- Memproses buku koleksi baru sampai buku siap untuk dipinjamkan
- Menyiapkan kartu anggota bagi anggota baru
- Menyiapkan kartu pinjaman harian dan mingguan bagi pemustaka
- Menyiapkan buku kunjungan perpustakaan
- Menyiapkan buku absen untuk kegiatan petugas dan pustakawan siswa di perpustakaan
- Menyiapkan buku pinjaman harian untuk buku bacaan/novel
- Menyiapkan buku pinjaman koleksi referens
- Menyiapkan data statistik peminjam dan pengunjung setiap bulan
- Menyiapkan kartu tagihan / peringatan bagi siswa, guru dan karyawan yang terlambat mengembalikan buku
- Mengatur tanggal waktu / lama peminjam buku bagi guru dan karyawan
- Membuat laporan tahunan serta pengajuan program serta laporan kegiatan “BGMKP”
- Mendata dan memberi jadwal tugas piket kepada para pustakawan siswa yang diatur secara musyawarah.
- Membuat laporan tahunan kegiatan Perpustakaan MTsN Garut
SIRKULASI
- Melayani peminjaman dan pengembalian buku dari siswa, guru dan karyawan
- Menyusun kembali buku – buku pada rak buku sesuai dengan golongannya
- Mengisi kartu peringatan / tagihan kepada siswa, guru dan karyawan yang terlambat dalam pengembalian buku.
- Mengisi formulir statistik peminjam buku perhari
- Melakukan perbaikan bila terjadi kerusakan buku yang ringan
- Mencatat buku – buku yang rusak berat untuk kemudian disimpan di dalam gudang.
FUNGSI REKREASI
- Membeli dan menyediakan buku – buku yang menghibur sekaligus mendidik yang sesuai bagi siswa
- Membeli dan menyediakan buku – buku yang menghibur dan bermanfaat bagi guru dan karyawan
- Membeli perangkat audio sebagai pelengkap kenyamanan bagi siswa, guru dan karyawan.
- Menyediakan perangkat internet untuk memudahkan akses informasi bagi seluruh pengguna perpustakaan.
JADWAL PEMINJAMAN BUKU PERPUSTAKAAN MTsN GARUT
NO
|
HARI
|
KELAS
|
JENIS LAYANAN
|
SENIN
|
7.1 - 7.2
|
Pinjaman
harian, pinjaman mingguan, layanan refErens.
|
|
8.1 dan 8.2
|
|||
9.1 dan 9.2
|
|||
SELASA
|
7.3 dan 7.4
|
sda
|
|
8.3 dan 8.4
|
|||
9.3 dan 9.4
|
|||
RABU
|
7.5 dan 7.6
|
sda
|
|
8.5 dan 8.6
|
|||
9.5 dan 9.6
|
|||
KAMIS
|
7.7 dan 7.8
|
sda
|
|
8.7 dan 8.8
|
|||
9.7 dan 9.8
|
|||
JUM’AT
|
7.9 dan 7.10
|
sda
|
|
8.9 dan 8.10
|
|||
9.9
|
|||
SABTU
|
7.11 dan 7.12
|
sda
|
|
9.10
|
|||
Untuk
kegiatan klasikal dan atau penugasan di ruang perpustakaan dalam rangka
penelusuran pustaka, dapat dilakukan
setiap hari pada jam pelajaran bersangkutan setelah berkoordinasi dengan guru
matapelajaran tersebut.
SARANA DAN PRASARANA
1.
Renovasi rak
buku yang sudah rusak dan kusam dengan
cara dicat ulang dan atau dialihbentuk
2.
Pemenuhan
kelengkapan meubeler, mencakup :
a.
Studi carell/
meja baca perorangan
b.
Kursi baca
perorangan
c.
Rak Display
buku baru
d.
Menambah rak
koran
e.
Filling kabinet
f.
Mengganti meja
biasa menjadi meja sirkulasi khusus
g.
TV
h.
AC
i.
Perangkat multi
media
j.
Kursi Tamu
KEGIATAN
RUTIN PERBUKUAN :
BULAN
GEMAR MEMBACA DAN KUNJUNG PERPUSTAKAAN (BGMKP) 2014/2015
Sesuai dengan amanat tahunan sejak tahun 1997, Perpustakaan MTsN
Garut akan tetap menyelenggarakan kegiatan perbukuan dalam rangka memupuk rasa
cinta membaca dan membina kreativitas siswa-siswi MTsN Garut dalam ajang BULAN
GEMAR MEMBACA DAN KUNJUNG PERPUSTAKAAN 2014/2015
Adapun pada tahun ini, kami mengajukan perubahan sistem pelaksanaan
lomba dalam rangka BGMKP. Bukan lagi dilaksanakan pada jam seusai PBM,
melainkan menyediakan waktu selama 4
hari, khusus untuk pelaksanaan berbagai kegiatan, seperti :
A.
Gelaran Lomba
Antar Kelas, meliputi :
1. Membaca
Cepat
2. Mengarang
Cerpen Islami
3. Sinopsis
4. Reading
5. Baca Puisi
(Puisi disediakan oleh panitia )
6. Olimpiade IPA
7. Olimpiade
Matematika
8. Olimpiade PAI
9.
Cerdas Cermat
10. Musabaqoh
Tilawatil Qur’an (MTQ)
11. Musabaqoh
Hifdzil Qur’an (Juz ‘Amma)
12. Pidato
Bahasa Indonesia
13. Pidato
Bahasa Arab
14. Pidato
Basa Sunda
15. Kaligrafi
B. Bazzaar
Kreasi Antar Kelas
Kegiatan
berupa promosi berbagai bentuk kreasi setiap kelas di bawah bimbingan Wali
Kelas, baik beruapa :
1. Bazzaar
makanan
2. Bazzaar
aneka kerajinan tangan
3. Lain-lain
kreasi, seperti Mading, yel-yel dll
Ditampilkan
di kelasnya masing-masing dengan aneka hiasan.
C. Pagelaran
Seni
1. Lomba Pop
Singer
2. Lomba
Paduan Suara
Kepanitiaan dan Dewan Juri akan ditetapkan kemudian, mengacu pada
penyelenggaran yang telah lalu. Semoga BGMKP tahun ini dapat berjalan lancar
dan lebih sukses dibanding tahun lalu, dengan tolok ukur jumlah peserta yang
kian bertambah serta penyelenggaraan yang tidak terkendala teknis.
JADWAL
KEGIATAN
BULAN
GEMAR MEMBACA DAN KUNJUNG PERPUSTAKAAN
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
NO
|
HARI/TANGGAL
|
JENIS LOMBA
|
WAKTU
|
TEMPAT
|
1
|
Senin,
|
Baca Puisi
MTQ
Kaligrafi
Cerdas Cermat kelas 9
Pop Singer
|
Ruang kelas 9.1
Ruang kelas 9.2
Ruang kelas 9.3
Ruang kelas 8.9
|
|
2
|
Selasa,
|
Pidato B. Arab
Pidato B. Inggris
Mengarang
Cerdas Cermat kelas 8
|
Ruang kelas 9.1
Ruang kelas 9.2
Ruang kelas 9.3
|
|
3
|
Rabu,
|
Pidato B. Indonesia
MHQ
Olimpiade Fisika
Cerdas Cermat kelas 7
|
Ruang kelas 9.1
Ruang kelas 9.2
Ruang kelas 9.3
|
|
4
|
Kamis,
|
Pidato B. Sunda
Olimpiade Matematika
Finali Cerdas Cermat semua tingkatan
|
Ruang kelas 9.1
Ruang kelas 9.2
Ruang kelas 9.3
|
Catatan :
*Jadwal bisa berubah, disesuaikan dengan perkembangan Rapat Panitia yang akan
terbentuk kemudian
PEMBINAAN PUSTAKAWAN
SISWA
Siswa sebagai pemustaka aktif di
Perpustakaan MTs. Negeri Garut diberi wahana kreatif dalam wadah bernama
Pustakawan Siswa. Secara de facto wadah ini mulai terbentuk pada tahun 1998,
setahun setelah penyelenggaraan Bulan Gemar Membaca dan Kunjung Perpustakaan
yang pertama kalinya. Maka Pustakawan Siswa yang terbentuk pada TP 2014/2015 ini
adalah Angkatan ke XVI.
Sebagai sebuah organisasi siswa
dalam lingkup madrasah, Pustakawan Siswa memiliki kepengurusan dan program
kerja sendiri. Untuk itu perlu adanya pembinaan dari pihak pengelola
Perpustakaan MTsN Garut sebagai induknya. Selain itu, mereka dibekali pula dengan
pengetahuan kepustakaan serta pembinaan rohani, yang diadakan rutin setiap hari
Jumat pada setiap bulannya. Sedangkan rapat intern dilakukan ketika diperlukan
sebagai sarana koordinasi antara pengurus.
Program Kerja, daftar piket serta
rapat-rapat dituangkan dalam sebuah buku khusus. Maka pada Tahun Pelajaran 2014/2015
ini diharapkan tercetus inovasi-inovasi
segar dari kepengurusan baru, agar warna Perpustakaan MTsN Garut kian terasa
segar dan semarak. Mereka berperan aktif dalam penyelenggaraan kegiatan Bulan
Gemar Membaca dan Kunjung Perpustakaan.
PEMBINAAN
MEDIA MADRASAH
Majalah Dinding yang terpasang di
selasar Perpustakaan MTsN Garut, pada perjalanannya kemudian berkembang menjadi
sebuah media madrasah bertajuk “BASIK” kepanjangan dari Bacaan Siswa Kreatif
dan Kritis. Buletin BASIK ini berjalan
terseok-seok. Pada mulanya dapat berjalan normal bahkan sempat berlari, namun
akhir-akhir ini mulai tertatih dikarenakan berbagai macam hal.
Harapannya
di tahun ini mulai ada pergantian pembina BASIK, agar tidak terkonsentrasi di
pengelola Perpustakaan, sehingga pengelola Perpustakaan bisa lebih fokus
mengembangkan perpustakaan, dan BASIK lebih dapat berkembang dengan maksimal.
BAB III
PROGRAM JANGKA PANJANG
KOLEKSI PERPUSTAKAAN
Terbentuk sebuah Dewan Pustaka yang
membuat rencana pembelian koleksi perpustakaan secara berkala dan
berkelanjutan, sehingga pada saatnya akan tumbuh budaya pengembangan koleksi
yang lebih terstruktur.
SARANA DAN
PRASARANA
Sebagai
upaya pengembangan perpustakaan serta pelayanan bahan koleksi bagi pemustaka,
dipandang perlu adanya pengembangan sarana gedung beserta bahan koleksi. Untuk
itu kami memandang perlu penambahan ruang AVA (Auido Visual) dan Multimedia
serta ruang refereNs yang terpisah. Karena keterbatasan lahan, maka penambahan
ruang adalah membuat lantai 2 gedung perpustakaan yang sudah ada.
BAB IV
PENUTUP
Alhamdulillahirabbil’alamiin
…
Program Kerja Perpustakaan
MTs. Negeri Garut ini selesai dibuat
dengan harapan bisa dijadikan sebagai gambaran kecil tentang rencana kami dalam
pengembangan perpustakaan MTsN Garut. Semoga dapat dijadikan sebagai acuan
pelaksanaan kerja di tahun berjalan ini.
KESIMPULAN
1.
Perpustakaan
sebagai sumber belajar perlu terus didukung baik materil maupun immateril untuk
memenuhi layanan informasi, sekaligus memenuhi kebutuhan pemustaka
2.
Penyediaan
layanan berbasis teknologi telah sangat dibutuhkan agar layanan semakin
maksimal dan tepat guna
SARAN – SARAN
1.
Lingkungan
belajar yang telah cukup kondusif harus senantiasa dijaga dan diupayakan
meningkat seiring laju perkembangan peserta didik dan sarana dan prasarana yang
ada.
2.
Siswa agar
terus – menerus diberi motivasi agar visi menuju masyarakat madrasah yang gemar
membaca dapat segera terealisasi
Garut, 30
Juni 2014
Mengetahui Kepala Tata Usaha
MTsN Garut Bagian
Perpustakaan
ttd ttd
H. Nandang Maptuh, S.Ag Dra. Ani Rostiani
NIP. 196112151986031002 NIP. 196612201993032004
Mengetahui
Kepala MTs. Negeri Garut
ttd
TATANG SOBIRIN, MA, M.Pd
NIP. 195809071983031003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar