...

...

Selasa, 01 September 2009

Bulan Gemar Membaca

Sekarang sudah memasuki bulan September. Bagi Perpustakaan MTsN Garut, bulan ini berarti "rame-sibuk-meriah", biasanya. Ya, biasanya setiap September ditandai dengan peringatan Bulan Gemar Membaca dan Kunjung Perpustakaan. Tapi tidak untuk tahun ini, tidak bulan ini maksudnya. Tahun ini kegiatan itu diundur hingga bulan Oktober sebab September ini bertepatan dengan shaum dan hari raya Idul Fitri, kurang efektif untuk dilaksanakan lomba-lomba.

Maka, kemarin dibuatlah proposal sederhana dengan pengantar seperti ini :

Bulan Gemar Membaca dan Kunjung Perpustakaan adalah kegiatan yang menjadi agenda tahunan di lingkungan MTsN Garut. Dimulai sejak tahun 1997, kegiatan ini mampu memberikan warna dalam proses pembelajaran di sekolah. Tujuannya antara lain agar anak didik mendapat ruang gerak yang bebas untuk mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri sesuai minat dan bakatnya, yang selama ini belum semuanya dapat teraktualisasikan di dalam kelas.

Besarnya minat serta masukan dari siswa dan guru berkenaan dengan kegiatan ini, maka pada Tahun Pelajaran 2009/2010, Perpustakaan bekerjasama dengan Bagian Kesiswaan MTsN Garut kembali akan menggelar kegiatan dalam rangka mengisi Bulan Gemar Membaca dan Kunjung Perpustakaan dengan beberapa penambahan jenis lomba. Yaitu lomba Drama, Olimpiade Fisika, Olimpiade MatematikaMenulis Puisi dan Pop Singer. Ada beberapa yang tidak berkaitan langsung dengan kegiatan kepustakaan, namun mengingat tingginya minat serta gairah siswa dan pertimbangan ‘memberi wahana berkreasi dan berekspresi’ maka jenis lomba yang dimaksud masuk sebagai agenda BGMKP tahun ini. Semoga menghasilkan kebaikan. Amiiin.

Kemudian, dipasanglah puluhan pamflet dan banner promosi di setiap sudut sekolah agar seluruh siswa dapat melihat kemudian mendaftar dalam kegiatan yang akan berlangsung sebulan lagi. Promo dilakukan jauh-jauh hari agar mereka bisa mempersiapkan diri untuk bertanding, terlebih lagi bila lomba yang mereka ikuti memerlukan persiapan khusus dan kolektif macam Drama dan Olimpiade.



Senang sekali melihat berbondong-bondongnya mereka ke perpustakaan (meskipun hari-hari biasapun perpustakaan selalu penuh), antusias mengikuti lomba, berharap dapat menampilkan bakat terbaik mereka di depan para juri dan sesama teman.

9 komentar:

  1. assalamualaikum,
    selamat bekerja keras mbak,meningkatkan minat baca bisa dilakukan dengan kegiatan kreatif seperti ini. Kemampuan membaca,kegemaran membaca perlu selalu dipupuk apalagi untuk anak-anak SMA yg meski haus baca untuk bekal hidupnya. Jika ada kesempatan kunjugi blog saya ya mbak. trims, salam untuk anak-anak didiknya.
    wassalam

    BalasHapus
  2. eeeeeeeemmmm...kadang malas mbaca buuukkk
    salam kenal yaaaa

    BalasHapus
  3. salam sobat
    salut sama mba Anni yang mempunyai semangat dan ide untuk para siswa,,supaya gemar membaca.
    sukses selalu untuk mba ya...

    selamat menunaikan ibadah puasa.

    BalasHapus
  4. sore bu guru
    blue asalna ti tasikmalaya
    berarti kita saudaraan plus ya bunda
    kapan kapan blue mau diundang tuk membagi tips di postingan hehehe......
    salam hangat sellau
    kumaha damang?

    BalasHapus
  5. assalamu'alaikum..
    hmm...ide bermanfaat bu.selamat membantu mengembangkan bakat anak-anak melalui kegiatan gemar membaca.semangat dan sukses insyaallah...
    terimaksih follownya dan kunjungannya di blog saya.
    wassalam.

    BalasHapus
  6. assalamu'alaikum.. Wrwb ,
    Salam hangat ... Blogger Sejati

    Disaat Bulan Puasa Begini , Paling Asik , Ngabuburit Sambil Membaca Buku / Majalah Yang Kita Sukai ,....

    Selain Menyenangkan , Niscaya Ilmu kita akan pengetahuan , semakin bertambah ....

    Trims ,

    wasalam , salam sukses

    BalasHapus
  7. ass..
    salut sama mba Anni...ideny patut dicontoh ni ya
    sukses selalu untuk mba ya...

    BalasHapus
  8. malam bu...
    blue datang e bumi ibu nich ehhehe.........
    met berbuka puasa yah
    salam hangat selalu

    BalasHapus