...

...

Jumat, 24 April 2009

Bulan Gemar Membaca dan Kunjung Perpustakaan

 Lomba Cerdas Cmat

Salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh perpustakaan MTsN Garut adalah lomba antar kelas dalam rangka mengisi Bulan Gemar Membaca dan Kunjung Perpustakaan (BGMKP).

Program ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan minat baca di kalangan siswa. Dengan kegiatan yang menyenangkan di luar kelas, diharapkan siswa semakin terdorong untuk belajar mandiri dan secara signifikan semakin meningkatkan minat bacanya.

BGMKP ini sejatinya dicanangkan sejak tahun 1994 di era Orde Baru oleh Bapak Soeharto. Dan sejak saat itu muncul perhimpunan serta komunitas buku dan gemar membaca. Entah karena promosi yang kurang atau bagaimana, tak banyak yang memanfaatkan momentum ini sebagai gebyar dan gempita perbukuan serta kegiatan membaca. Kalaupun ada hanya sebatas dalam  komunitasnya saja.

MTsN Garut melaksanakan kegiatan ini sejak tahun 1997, dan terus berlangsung hingga sekarang. Di bulan September, setiap tahunnya, siswa MTsN dari setiap jenjang ( kelas 7 sd 9) berlomba dalam bidang : pembuatan sinopsis, mengarang fiksi Islami, lomba majalah dinding, baca puisi, reading, pidato, melukis tempat sampah, cerdas cermat, MTQ, MHQ, dll.

 Lomba menulis karangan fiksi

BGMKP hanyalah satu dari sekian banyak upaya pengelola perpustakaan MTsN Garut untuk meningkatkan minat baca di kalngan siswa. Selebihnya ada upaya pengenalan buku melalui storry telling serta memberikan pemahaman tentang ilmu kepustakaan melalui ekstra kurikuler "pustakawan siswa".

Mengenai pustakawan siswa ini,  kita bahas di kolom berikutnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar